Tuesday, December 25, 2012

Hal Simple Yang Membutuhkan Mental Baja Di Indonesia


Indonesia adalah negara yang besar dan heterogen. Sepertinya sudah ada banyak orang yang menggambarkan hal tersebut, baik dalam bentuk tulisan, lagu, maupun syair. Namun hidup di Indonesia tidak semudah yang dikatakan. Ada beberapa hal-hal yang sesungguhnya sangat sederhana, tapi tetap membutuhkan mental baja kalau dilakukan di tengah masyarakat. Contohnya adalah : 

1.Berbuat Benar


Namanya juga berbuat benar. Harusnya ya simple kan? Ngasih tau orang supaya jangan nyalib antrian, ngasih tau orang supaya buang sampah pada tempatnya, ngasih tau seseorang supaya jangan merokok di area umum. Sederhana kan? Tapi di Indonesia, hal-hal semacam ini justru bisa jadi berbalik menyerang kamu. Kamu bisa dilihatin secara sinis, dikatain sok suci, sampe mungkin diajakin berantem. Kalo mental kamu bukan mental baja, palingan kamu cuma bisa terdiam. berani coba?

 

2.Berurusan Sama Pemerintah 

Pemerintah itu harusnya ada untuk mengayomi rakyat. Harusnya kita butuh apa, ya mereka yang menfasilitasi. Tapi di Indonesia berurusan sama yang namanya instansi pemerintahan itu pada umumnya merupakan suatu hal yang berat. Selain kamu harus melewati birokrasi yang berbelit-belit, terkadang kamu harus berurusan sama "orang-orang" yang gak segan untuk minta duit sebagai pelicin, baik secara langsung maupun nggak. Hal-hal kayak gini nih yang bikin banyak orang males banget berurusan sama instansi pemerintahan. Pokoknya kalo kamu harus berurusan sama pemerintahan, kamu harus bermental baja apalagi kalau kamu gak punya uang! ckckck

 

3.Naik Angkutan Umum 

Angkutan umum di Indonesia bisa dibilang masih jauh dari kata kenyamanan. Inilah yang membuat hal yang sebenernya sangat sederhana ini bisa jadi hal yang berat. Untuk naik angkot, kamu harus selalu waspada akan bahaya copet, rampok, penipu, sampai ke preman yang terkadang mencoba untuk mengamen. Tanpa mental baja, maka cukup dapat dipastikan kamu akan cepet kapok naik angkot!

 

4.Jalan Kaki di Trotoar

Jalan kaki di trotoar adalah hal yang sangat sederhana. Apa lagi yang bisa lebih sederhana dari sekedar jalan kaki di tempat yang memang udah seharusnya ditujukan untuk jalan kaki,iya kan? Tapi di kota-kota besar seperti di Jakarta, hal ini terkadang membutuhkan mental baja. Seringkali kamu harus beradu tempat sama motor-motor yang mau cepat dan dipakainya badan trotoar untuk berjualan!

Saran untuk pemerintah kita semoga lebih "perhatian" dengan fasilitas umum yang ada di Indonesia. kalau bukan di negeri sendiri kita merasa nyaman terus dimana? Masyarakat pun harus membantu pemerintah untuk menjaga fasilitas yg ada saat ini :)

No comments:

Post a Comment