Saturday, May 4, 2013

Gajah Saja Bisa, Kenapa Kita Tidak ?


Ketika seseorang ditinggal pergi oleh orangtua untuk selamanya pasti akan menyisakan duka yang teramat dalam. Tak hanya terjadi pada manusia, hewan juga bisa mengalami rasa yg sama.

Seorang fotografer alam liar, Sarah Skinner, 38 tahun, berhasil menangkap sebuah gambar mengharukan di Taman Nasional Masai Mara di Kenya, Afrika. Dari hasil lensa kameranya, dilansir Daily Mail, 3 Mei 2013, terlihat seekor anak gajah berdiri di sisi ibunya yg telah mati. Tak diketahui apa penyebab induk gajah itu mati. 

Di dalam gambar, anak gajah itu tampak sedang menyentuh tubuh ibunya dengan kaki dan belalai sambil mengharap respons. Namun sayang ibunya tidak bergeral sama sekali . Sang anak tidak tahu bahwa ibunya telah pergi.

"Ini adalah peristiwa yang sangat menyayat hati. Melihat anak gajah berdiri di sisi ibunya yg sudah mati, dan terus mencoba membangunkannya" kata Skinner.

Anak gajah itu tampak menerima kematian ibunya, namun tetap menolak pergi meski ditinggal pergi kawanannya. "Selama berjam-jam anak gajah berdiri di samping ibunya, dan matanya terus terpaku ke tubuh ibunya" kata Skinner menggambarkan suasana tersebut.





Mulanya, kawanan gajah berdiri melingkari gajah yang mati. Memandanginya sejenak, kemudian satu per satu pergi meninggalkan. Kejadian ini mirip seperti yang terjadi pada manusia. Para gajah seperti sedang melakukan prosesi penghormatan terakhir.


Anak gajah menunjukkan sikap berbakti pada orang tua. Walaupun di tinggal kawanannya pergi, anak gajah itu tetap di situ, menjaga jasad induknya agar tidak disantap binatang lain.

"Saat beranjak malam, gerombolan singa dan hyena datang, berniat memakan bangkai ibunya. Namun, anaknya tetap di situ, melindungi jasad itu semalaman" kata Skinner.

Dari realita diatas dapat dikatakan bahwa sebetulnya setiap mahluk hidup di dunia ini memiliki perasaan sama seperti pada manusia umumnya, tapi hanya cara mewujudkannya yg berbeda.

Seekor anak gajah saja mampu menunjukkan kasih sayangnya ke induknya, dan bagaimana dengan diri kita sendiri? apakah sudah kita melakukan hal yg sama ke orang tua kita?

Gak sedikit gw melihat berita tentang anak yg rela membunuh anggota keluarganya sendiri demi hal yg sepele. Padahal kalau kita dapat melihat dari anak gajah diatas, kita dapat belajar bahwa dalam kondisi apapun kita harus tetap menyayangi dan berusaha melindungi orang tua kita.

Jika masih ada yg gak respect orang tua kalian, maka itu lebih rendah dari seekor binatang!

No comments:

Post a Comment