Wednesday, March 27, 2013

Panduan Membuat Film "Horor" ala Indonesia


Kalau suatu saat nanti ada yg berminat bikin film horor yang laku keras kayak kacang rebus alias best-selling di Indonesia, nggak ada salahnya mengikuti beberapa tips seperti ini :

1. Gunakan hantu lokal


Cintai produk dalam negeri!
Indonesia emang negeri yang kaya, nggak cuma alamnya yang indah, pulaunya yang banyak, hutan dan lautan yang terbentang luas, Indonesia juga punya dunia lain yang luar biasa bervariasinya.
Yang made in Indonesia beragam banget kaya pocong, kuntilanak,sundel bolong, genderuwo, tuyul, suster ngesot, leak bali, babi ngepet, wewe gombel, pastor buntung, hantu bencong, dan masih banyak lainnya. Yang jelas, setan apapun yang kamu pilih buat membintangi film kamu mesti punya latar belakang unik dan orisinil buat semakin mewarnai alur cerita. Misalnya waktu masih hidup putus cinta terus gantung diri, atau dulunya hiperseks sampai dirajam warga setempat, atau meninggal sebelum keinginannya menjadi terkenal terpenuhi.

2. Tunjukin sekelebat dunia maksiat


Misalnya, adegan dugem penuh clubbers-clubbers yang tripping dan cewek-cewek berpakaian minim (biasanya para pemeran utama). Ini penting banget buat membangun cerita, karena latar belakang lifestyle mereka yang bersimbah dosa dan memiliki latar belakang yg suram bisa kamu jadikan patokan buat nentuin siapa aja yang mati nantinya.
Cowok-cowok yang paling teler dan cewek-cewek yang paling vulgar bakalan jadi korban-korban yang cara matinya paling sadis. Ada yg matinya kegencet gajah, tenggelam di bak mandi, atau keracunan sama parfum sendiri. Pokoknya bikin adegan kematian yg paling dramatis!
Terus, tokoh cewek yang paling sexy di seantero club, nantinya yang bakal kerasukan setan kalau nggak tokoh cowok paling gaul di kecamatannya yg bakal jadi psikopat.

3. Ada adegan syur


Fakta membuktikan persentasi adegan syur di dalam sebuah film dapat mempengaruhi jumlah penonton. Dan untuk film horor idonesia cukup 60% - 75% dari seluruh film lah. 
Paling mantap kalo salah satu settingnya di kolam renang umum yang anehnya selalu dalam keadaan kosong atau terkadang di sungai atau pulau yg gak ada penghuninya. Kadang gw juga bingung bedain apa ini film horor atau bokep.

4. Flashback adegan perkosaan

Kalo setannya cewek berarti dulunya dia diperkosa, kalo setannya cowok berarti dulunya dia yang pemerkosa. Namun kalau ada waria berarti dia yg menyaksikan pemerkosaan itu. Simpel.

5.Ada adegan pembunuhan sadis. 


Baik pembunuh maupun korbannya sebaiknya diperanin oleh cewek sexy, yang idealnya dalam keadaan nyaris terbuka sehingga bisa kelihatan makin banyak area tubuhnya yang terpercik darah segar. 
Namun entah kenapa setiap ada adegan pembunuhan atau penyiksaan rambut atau make up korban selalu tampak rapi kayak mau pergi acara nikahan.

6.Cowok nanggung


Perhatiin setiap film horor Indonesia, pasti ada cowok nanggung yg gak terlalu jelas baik wajah maupun kerjaannya.
Tanpa henti mereka bakal ngeluarin lawakan jadul gaya Dono-Kasino-Indro sepanjang film. Cowok-cowok ini biasanya berguna buat menyelingi suasana tegang adegan-adegan berdarah yg dibubuhi humor (jorok) yang bikin rileks dan banyak adegan-adegan ‘cari kesempatan’ yang ngelibatin para tokoh cewek sexy. 
Kelakuan cowok-cowok nanggung ini harus bodoh, agak garing, dan selalu punya niatan jorok. Mereka biasanya KO waktu akhirnya dapat kesempatan bercumbu sama satu-satunya cewek cakep yang seumur hidup mau sama mereka, yaitu si cewek pembunuh atau ada yg kesurupan dan akhirnya mati juga.

7. Ada tokoh dukun

Nah, dukun ini bisa jadi tumbal plot kalo udah mati gaya. Soalnya, konflik biasanya dimulai waktu tokoh-tokoh yang punya masalah percintaan seperti cemburu buta, ditolak cinta, atau santet menyantet pasti yg mereka perginya ke dukun.
Bukannya ngasih solusi. Dukun ini biasanya bakal bikin konflik cerita makin ribet, karena banyak mau ; mulai dari nagih duit di muka, minta tali BH dari pocong perawan, nyuruh gali kuburan janda yg di talak 3, nyuruh makan serangga yg cuman keluar setiap malam jumat, minta potongan anggota tubuh manusia yg diidolakan, sampe nagihin duit lagi. Ada aja perintah dukun yang nyusahin hidup para tokoh dari awal ampe akhir namun bodohnya si tokoh mau juga nurut.

8. Pemeran cewek yang diganggu setan

Misalnya di kamar mandi pas lagi buka baju depan cermin, atau lagi mandi di bak atau shower, atau lagi tidur di kasur dalam keadaan telentang, mengangkang maupun dalam berbagai posisi yg "mengundang" . Dan biasanya cewek yg diganggu selalu berpakaian minim.
Kadang juga mereka diganggu setan ; pocong, genderuwo, kuntilanak, dll waktu lagi berduaan di tempat yg entah kenapa sepi banget.
Bonus +10 kalo sampe terjadi adegan panas antara si cewek sama si setan. Bonus +100, kalo menjelang akhir film ternyata si cewek hamil gara-gara si setan atau bonus +1000 kalau setannya nyuruh cewek itu gugurin kandungan dan si setan meninggalkan cewek itu demi setan lainnya (Semakin Kompleks jalan ceritanya).

9. Make-up dan special effects


Kalau dibandingkan hantu internasional, hantu lokal cenderung berlebihan dalam memberikan efek horor. Ada hantu yg mukanya hitam kayak diberi kecap, Gigi yg menjalar kemana-mana, atau kuku yg panjangnya ngalahin panjang tangannya.
Jangan lupa juga sediain obat pemutih, putih telor sama kapur papan tulis buat ngebedakin pemeran setan kamu, sama darah sapi dicampur saos pepaya buat efek darah muncrat dalam  adegan pembunuhan.

10.Judul yang kontroversial

Yang terakhir tapi mungkin paling penting, siapin judul film yang bikin publik gak mungkin gak nengok ke poster film kamu.
 judul-judul seperti Setan tawuran, Rintihan Genderuwo Jomblo, Desahan Pocong Menopause,  Fakta ini bakal semakin mendongkrak peluang film horor kamu masuk box-office dan layak buat ditonton ulang sesekali.


Ok. Berhubung ngomongin judul film. Gw akan men share beberapa judul film yg sukses membuat kontroversi sendiri. Berikut judul - judulnya :

Ada Apa dengan Pocong
Ini ceritanya mau parodi atau horor ya? Terus kelanjutannya apa? Petualangan Pocong? Catatan Akhir Pocong? Laskar Pocong? Pocong, I’m In Love?

Arwah Goyang Karawang
Maksudnya gimana sih? Arwahnya goyang di Karawang gitu? Atau arwahya Goyang Karawang? Emang ‘Goyang Karawang’ itu nama orang kok bisa ada arwahnya? Apa sih? 

Kepergok Pocong
Apa yang kamu lakukan sampe kamu bisa kepergok pocong? Kamu selingkuh sama istrinya pocong? Kamu nyolong duitnya? Apa pocong sekarang udah sering nge ronda ya?

Kuntilanak Kesurupan
ini kayak film Inception! bedanya kalau di Inception dari mimpi masuk ke mimpi lagi tapi ini Jadi kayak arwah, ngerasukin arwah gitu. Jadi super arwah! 
Tapi pertanyaannya arwah seperti apa yang bisa merasuki arwah? Apakah ada semacam arwah dengan level lebih tinggi yang mampu melakukan hal semacam ini? Gimana caranya jadi arwah seperti ini?

Pocong Ngesot
Ini ibarat kamu bikin cerita Superman, tapi Superman-nya gak bisa terbang dan film spiderman tapi gak bisa ngeluarin jaring. Dimana Supermannya?
Nah, sama halnya kalo kamu bikin cerita pocong, tapi pocongnya ngesot. Ini gimana sih? Apakah dia Suster Ngesot yang dibunuh (lagi) trus dipocong, jadi dia pocong tapi ngesot?

Pacar Hantu Perawan
Menimbulkan pertanyaan lagi. Apakah maksud dari judul ini adalah pacarnya si hantu perawan? Ataukah pacarnya hantu itu yg perawan? Pemakaian tanda baca atau sedikit tambahan kata di judul ini bisa sangat membantu.

Pocong Mandi Goyang Pinggul
Apakah maksudnya si Pocong mandi sambil goyang pinggul? atau dia memiliki hobi menggoyangkan pinggul waktu mandi?

Pelukan Janda Hantu Gerondong
Satu pertanyaan (ini serius) ‘Gerondong’ apaan sih? dan kenapa judulnya harus pelukan? apakah dari awal film sampai endingnya adegan pelukan terus?

Suster Keramas
Apa yang salah dengan seorang suster keramas? Kenapa gak bikin judul Dokter Keramas? Tukang sapu keramas? Karyawan Keramas? Mahasiswa Keramas? Apa istimewanya? Kalo gak pernah keramas rambut bakalan bau dan Ingat keramas itu hak individual!

Dendam Pocong Mupeng
Apa yang bisa membuat seorang pocong jadi mupeng (muka pengen)? Apakah pocong suka ngintip orang mandi? Enak dong jadi pocong? Terus kenapa dia dendam? Apakah ada yang menghalangi kemupengannya?

Setan Facebook
Jadi di alam gaib udah ada jaringan internetnya ya? kalau gitu makin banyak setan yg gak bakalan kesepian lagi karena mereka bisa streaming youtube atau sekedar update twitter.

Kuntilanak Beranak
Kalau setan sekarang udah bisa mempunyai anak, gak perlu lagi ada setan baru kan?

Sumpah Pocong di Sekolah
Apakah di film ini ada parodi dari lagunya Chrisye?
Sumpaah Pocong di sekolaaaah
dengan si dia..
Tiada sumpah paling indah, sumpah pocong di sekolaaaah

1 comment:

  1. hahahaha....asli bro..gw ngakak sampe guling2 baca postingan lu....kreatif,segar dan bener banget! Mantap abezzz.....

    ReplyDelete